Senin, 13 Juli 2020

AUSTRALIA (Negara)



Sumber: https://www.geografi.org/2017/10/geografi-australia.html

Negara Australia, resminya Negara Persemakmuran Australia, adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang bertetanggaan dengannya adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur-laut; dan Selandia Baru di tenggara.

a.    Letak
Letak astronomis Australia adalah 10oLS – 43oLS dan 113oBT – 155oBT.
b.    Luas
Luas wilayah Australia adalah 8.945.000 km2.
c.    Batas
Batas-batas wilayah Australia adalah sebagai berikut.
1)    Utara : Laut Timor, Laut Arafura, dan Selat Tores.
2)    Timur : Laut Koral, dan Laut Tasmania.
3)    Selatan : Samudra Hindia.
4)    Barat : Samudra Hindia.
d.    Bentang Alam
Sebagian besar (70%) wilayah Australia berupa gurun dan semi gurun. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena letaknya berada pada zona turunnya massa udara (zona subsidensi). Zona tersebut berada sekitar 30o LU atau 30o LS. Jika udara yang naik akan mengalami proses pembentukan awan, maka udara yang turun justru sebaliknya.
Australia secara fisiografis terbagi menjadi lima daerah, yaitu Plato barat, Plato dataran rendah tengah, Kawasan pegunungan timur, Dataran rendah pantai barat, dan Dataran rendah pantai timur.

Fisiografis Australia (Sumber: https://www.geografi.org/2017/10/geografi-australia.html)

1)    Plato Barat
Plato Barat merupakan kawasan yang sangat luas, melingkupi Plato Hammerly, Plato Kimberly, dan Plato Tanah Arnhem. Selain itu juga mencakup pegunungan yang sangat rendah seperti Pegunungan Macdonnell dan Musgrave, serta monolit atau batu besar yang disebut Uluru atau Ayer’s Rock.
Sebagian besar Plato Barat merupakan gurun pasir dan kebanyakan daerah yang tidak bersungai, namun hanya ada dua sungai, yaitu sungai Ord Gascoyne dan Murchison.
2)    Dataran Rendah Tengah
Merupakan kawasan yang terbentuk karena endapan. Daerah ini membentang dari daerah pantai utara di Teluk Carpentaria ke arah selatan di dataran rendah sungai Murray dan sungai Darling.
Pada wilayah ini banyak sekali cekungan atau basin. Terdapat juga sungai yang tidak tetap keadannya, karena hanya mengalir ketika terjadi musim penghujan. Air yang mengalir tersebut tidak pernah sampai ke laut, akan tetapi masuk ke danau-danau yang berada pada daerah pedalaman. Salah satu danau yang ada didaerah ini adalah Danau Eyre, yang setiap tahunnya berupa danau garam tanpa air.
3)    Dataran Tinggi Timur atau Kawasan Pegunungan Timur
Merupakan kawasan yang terbentuk dari gunung-gunung tua yang telah tererosi atau terkikis selama jutaan tahun yang dulu dikenal dengan nama Pegunungan Pemisah Besar.
Dataran ini mencakup wilayah Pegunungan Biru (Blue Mountains) yang terletak di sebelah barat Sydney dan Pegunungan Salju (Snowy Mountains) yang merupakan pegunungan tertinggi di Australia terletak pada sepanjang perbatasan negara bagian New South Wales dan Victoria. Gunung yang tertinggi di Australia yaitu Gunung Kosciusko dengan ketinggian 2.228 meter dpal.
4)    Dataran Pantai Barat
Merupakan daerah yang terjadi karena adanya proses patahan pantai yang telah tertekan ke bawah, sehingga membentuk suatu dataran pantai.
5)    Dataran Pantai Timur
Proses pe-sesaran/pergeseran lempeng yang terjadi di sepanjang pantai timur yang membentuk Daratan Tinggi Timur mengakibatkan terdapatnya kawasan pantai dataran rendah pantai yang sempit. Pada daerah jalur pantai tersebut terdapat lembah-lembah sungai serta bukit-bukit. Di daerah ini terdapat sungai-sungai pendek yang alirannya baik, seperti sungai Burdekin, Fitzroy, dan Hunter. Sungai-sungai tersebut digunakan oleh penduduk bagi kegiatan pertanian.


Sungai-sungai di Australia (Sumber: https://www.geografi.org/2017/10/geografi-australia.html)


e.    Kondisi Geologi
Secara geologis, Benua Australia merupakan pecahan dari Benua Besar Pangea, yaitu lebih tepatnya pada Benua Gondwana. Benua Australia sendiri memiliki luas wilayah 7,5 Juta kilometer persegi atau 750 Juta Hektar yang terdiri kebanyakan dari padang pasir dan daerah-daerah setengah gersang.
Australia memiliki sejumlah potensi sumber daya alam seperti minyak dan gas, bauksit, batu bara, bijih besi, intan, aluminium, tembaga, emas, mangan, lithium, bijih mangan, posfat, nikel, vanadium, zinc, perak, dan uranium. Produksi batu bara Australia merupakan yang terbesar kedua setelah Republik Guinea dan urutan kelima di dunia sebagai produsen aluminium. Batu bara hitam Australia menempati peringkat ke-5 dunia setelah Amerika Serikat, Rusia, China, dan India. Australia juga memiliki sumber daya emas terbesar dunia, berikutnya Afrika Selatan dan Rusia.

f.     Iklim
Benua Australia merupakan benua yang terletak di tiga kawasan garis lintang sekaligus, yaitu :
1)    Kawasan tropis (11° LS – 23° 30’ LS)
2)    Kawasan subtropis (23° 30’ - 35° LS)
3)    Kawasan beriklim sedang (35° - 44° LS)

Iklim di Australia (Sumber: https://www.geografi.org/2017/10/geografi-australia.html)

Lebih dari sepertiga benua Australia terletak di kawasan tropis, dan dua pertiganya terletak dikawasan subtropis dan sedang.

Secara umum suhu yang paling tinggi terdapat pada daerah tropis dan paling rendah terdapat pada daerah beriklim sedang.

Rata-rata Suhu Udara Australia (Sumber: https://www.geografi.org/2017/10/geografi-australia.html)

Curah hujan yang terjadi di Australia berbeda beda, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor jarak antara suatu wilayah dengan pantai terdekat. Semakin dekat dengan pantai, maka semakin lembap suhunya, akan tetapi semakin kedalam maka semakin kering kadar kelembapan suhunya. Kelembapan suhu yang terjadi tersebut mempengaruhi banyak sedkititnya curah hujan yang terjadi di daerah tersebut. Semakin dekat dengan pantai, maka semakin lembap, dan semakin banyak curah hujan yang didapatkan, berbeda dengan daerah yang semakin dalam wilayah tersebut, maka semakin sedikit curah hujan yang diterimanya.

Peta Curah Hujan Australia (Sumber: https://www.geografi.org/2017/10/geografi-australia.html)

Walaupun sama-sama didaerah pantai, akan tetapi curah hujan yang diterima berbeda, hal tersebut dipengaruhi oleh arus air laut yang berada disekitar Australia.
Arus katulistiwa selatan dan arus Australia timur merupakan arus panas, arus Leuwin merupakan terusan arus katulistiwa selatan yang hangat. Sedangkan arus apung angin barat merupakan arus dingin.


Arus Laut di Sekitar Australia (Sumber: https://www.geografi.org/2017/10/geografi-australia.html)

g.    Flora dan Fauna
Flora dan fauna asli Australia sangat berbeda dengan yang dijumpai di tempat-tempat lain di dunia.
Vegetasi yang umumnya ditemui di Australia adalah vegetasi yang telah beradaptasi dengan kondisi kering. Vegetasi yang dominan adalah rumput hummock yang umumnya berada di Australia Barat dan Australia Selatan dan Australia Utara. Pada wilayah Australia Timur, hutan eukaliptus lebih umum dijumpai. Di barat dapat dijumpai hutan akasia dan semak belukar.
Australia memiliki lebih dari 378 spesies mamalia, 828 spesies burung, 300 spesies kadal, 140 spesies ular, dan 2 spesies buaya. Beberapa yang sangat terkenal dan menjadi simbol atau ikon Australia adalah kangguru, wallabi, koala, dan setan tasmania (tasmanian devil). Selain itu, Australia juga memiliki beberapa fauna asli seperti dingo, platypus, currawong, angsa hitam, kookaburra, dan lybird. Fauna lainnya adalah ular yang banyak ditemukan di Australia. Australia memiliki banyak ular berbisa. Bahkan, 21 dari 25 ular paling mematikan ada di Australia.
Selain keanekaragaman hayati di daratan, Australia juga memiliki keanekaragaman hayati di lautan. Australia memiliki 4.000 jenis ikan. Australia juga memiliki sistem terumbu karang terbesar di dunia yang bernama Great Barrier Reef. Beberapa spesies di lautan Australia antara lain hiu putih besar, hiu paus raksasa, dan ubur-ubur kotak (the box jellyfish) yang merupakan binatang paling berbisa di dunia.

h.    Penduduk
Jumlah penduduk negara Australia pada pertengahan tahun 2018 berdasarkan World Population Data Sheet 24,1 juta jiwa. Jumlah penduduk Australia tersebut relatif kecil jika dibandingkan luas Australia yang sangat besar. Kepadatan penduduk Australia hanya 3,1 orang/km2. Sekitar 89% penduduknya tinggal di daerah perkotaan.
Penduduk asli Australia adalah Suku Aborigin. Penduduk lainnya adalah pendatang dari berbagai negara dan benua.
Penduduk Australia terdiri dari beberapa suku atau etnis, di antaranya Kulit Putih 92%, Asia 7%, aborigin dan lain-lain 1%.

i.      Pemerintahan
Australia merupakan negara persemakmuran Inggris, dengan bentuk negara serikat yang terdiri atas enam negara bagian dan dua daerah teritorial. Negara bagian tersebut adalah sebagai berikut.
1)    New South Wales dengan ibu kota Sydney
2)    Queensland dengan ibu kota Brisbane
3)    South Australia dengan ibu kota Adelaide
4)    Tasmania dengan ibu kota Hobart
5)    Australia Barat dengan ibu kota Perth
6)    Victoria dengan ibu kota Melbourne
Daerah teritorial yang langsung di bawah pemerintahan pusat, yaitu:
1)    Northern Taritory dengan ibu kota Darwin, dan
2)    Daerah khusus kota negara Canberra.
Bentuk pemerintahannya ialah monarki konstitusional dengan kepala negara Ratu Inggris yang diwakili oleh gubernur jenderal dan kepala pemerintahan perdana menteri.
Ibu kota negara Australia ialah Canberra. Bahasa resmi Inggris. Lagu kebangsaannya “Advance Australian Fair”. Satuan mata uangnya Dolar Australia (A $).

Peta Wilayah Serikat Australia (Sumber: https://id.maps-australia.com/australia-peta-serikat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar