Senin, 13 Juli 2020

MESIR


Mesir merupakan negara yang berada di Afrika Utara.
a.    Letak
Letak astronomis Mesir antara 22oLU – 32oLU dan 25oBT – 36oBT.
b.    Luas
Luas wilayah Mesir adalah 1.500.000 km2.
c.    Batas
Batas-batas wilayah Mesir adalah sebagai berikut.
1)    Utara : Laut Tengah.
2)    Timur : Laut Merah.
3)    Selatan : Sudan.
4)    Barat : Libya.

d.    Keadaan Alam
Perhatikan peta berikut ini!



Sumber: https://www.geografi.org/2017/08/geografi-negara-mesir.html

Wilayah dataran Negara Mesir secara garis besar dapat dibagi menjadi lima kawasan yaitu sebagai berikut:

1)    Semenanjung Sinai
Daerah ini merupakan satu-satunya daerah Mesir yang terletak di Benua Asia. Batas sebelah timur adalah Jalur Gaza dan Teluk Aqaba, sedangkan batas sebelah barat adalah Terusan Suez dan Teluk Suez. Di Semenanjung Sinai terdapat gunung yang bernama Jabal Katrinah atau Gunung Khaterina (2.637 m) yang merupakan puncak tertinggi di Mesir.
2)    Gurun Barat
Gurun ini terletak di sebelah timur Libya. Luasnya kurang lebih 674.000 km2 atau hampir tiga perempat wilayah negara Mesir. Di kawasan ini dijumpai adanya daerah depresi. Daerah depresi yaitu daerah yang letaknya lebih rendah daripada permukaan air laut.
Depresi tersebut dikenal dengan nama Depresi Qatara.Di daerah depresi ini dijumpai adanya Oase-oase yang antara lain Oase Faranfra, Oase Dakhla, dan Oase Kharijah.
3)    Gurun Timur
Kawasan ini membentang ke timur dari Lembah Sungai Nil sampai ke Laut Tengah. Di gurun timur ini banyak dijumpai adanya wadi. Wadi adalah lembah-lembah sungai yang kering. Gunung tertinggi di kawasan gurun timur adalah Gunung Shayib dengan ketinggian 2.187 m.
4)    Lembah Sungai Nil
Kawasan ini merupakan pusat permukiman penduduk Negara Mesir. Kawasan ini terletak memanjang dari perbatasan Sudan sampai ke Laut Tengah. Di daerah ini juga terdapat bendungan terkenal yaitu Bendungan Aswan. Bendungan ini memiliki fungsi utama sebagai irigasi dan sebagai penanggulangan bahaya banjir dari sungai Nil.
5)    Delta Sungai Nil
Delta ini merupakan suatu daerah aluvial yang sangat subur dan merupakan daerah pertanian Negara Mesir. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di Benua Afrika dan di dunia dengan panjang 6.690 km. Sungai Nil terbentuk dari dua aliran, yaitu dari Sungai Nil Putih dan Sungi Nil Biru. Mata air Sungai Nil Putih berasal dari Danau Victoria di Afrika Tengah. Mata air Sungai Nil Biru berasal dari danau Tana yang terletak di tanah tinggi Ethiopia. Kedua sungai ini bertemu di Khartoum (negara Sudan) yang kemudian mengalir ke arah utara melalui Mesir dan bermuara di Laut Tengah. Mesir disebut hadiah dari sungai Nil karena Sungai Nil memberi manfaat yang sangat banyak bagi penduduk Mesir. Manfaat tersebut, antara lain sebagai:
a)    sarana lalu-lintas pelayaran,
b)    sebagai pembangkit tenaga listrik,
c)    sebagaii sarana air minum, dan
d)    irigasi bagi lahan pertanian.

e.    Iklim
Mesir memiliki iklim subtropis kontinental. Pada musim panas udara sangat panas dan kering, sedangkan pada musim dingin udara sangat dingin. Curah hujan di Mesir hanya sekitar 20-200 mm/tahun. Wilayah yang kering berada di bagian tengah dan selatan, sedangkan wilayah utara yang menghadap ke arah Laut Mediterania curah hujan lebih besar. Namun secara umum, curah hujan di Mesir sekitar 80 mm/tahun. Hujan turun pada musim dingin. Daerah yang paling basah berada di dekat Laut Tengah, yaitu Iskandariyah dan Kairo dengan curah hujan 250 mm/tahun.

Dari bulan Maret sampai Mei angin Khamsin bertiup melalui Mesir dari Gurun Sahara. Khamsin merupakan angin panas, kering, dan sering bertiup membawa pasir dan debu.

f.     Flora dan Fauna
Tumbuhan yang ada di Mesir adalah semak belukar yang tumbuh sekitar oase, pohon kurma dan kaktus. Hewan yang dapat hidup pada wilayah ini yaitu unta, keledai, dan kambing.
g.    Pemerintahan

Gambar tersebut adalah bendera Mesir, yaitu tiga warna yang tersusun secara horisontal sama, dari atas merah, putih, dan, hitam dengan lencana nasional ( suatu perisai berupa burung rajawali keemasan menghadap ke samping) berada di bagian tengah yang berwarna putih.

Nama resmi negara Mesir adalah Jumhuriat Misr el Arabiya, secara internasional bernama Arab Republik of Egypt. Mesir telah menjadi republik sejak tahun 1953 yang sebelumnya merupakan Kerajaan Mesir. Merdeka pada tanggal 28 Februari 1922 dari jajahan Inggris.
Kepala negara Mesir adalah presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri.
Ibu kota negara Mesir adalah Kairo. Lagu kebangsaannya ialah “Hani an be tu da to Samil Ma Kam.” Bahasa yang digunakan ialah Arab. Satuan mata uangnya Pound Mesir. Bandar udara internasionalnya Kairo dengan maskapai penerbangan Egypt Air.

h.    Kota-kota utama
Kota-kota di Mesir sebagian besar berada  di sekitar lembah Sungai Nil.
1)    Kairo
Kairo adalah ibu kota Mesir dan merupakan kota terbesar di Mesir.
2)    Iskandariyah
Iskandariyah atau Alexandria adalah kota terbesar kedua di Mesir yang terletak di pantai Laut Tengah. Iskandariah merupakan kota pelabuhan utama Mesir.
3)    Giza
Giza adalah kota yang berada di pinggiran Kairo.

i.      Penduduk
Penduduk Mesir berdasarkan 2018 World Population Data Sheet berjumlah 97 juta jiwa. Hampir seluruh populasi terpusat di sepanjang Sungai Nil, terutama Iskandariyah dan Kairo, dan sepanjang Delta Nil dan dekat Terusan Suez. Para petani tradisional Mesir disebut felllahin.
Penduduk Mesir dapat dibedakan menjadi tiga kelompok utama, yaitu:
1)    Orang Nubian dengan ciri kulit hitam, umumnya ada di selatan;
2)    Orang Hamit dengan ciri kulit putih dan merupakan pendiri Mesir kuno;
3)    Orang Arab.
Sebagian besar (90%) penduduk mesir beragama Islam, sisanya sekitar 10% beragama Kristen.

j.      Perekonomian
Sektor-sektor perekonomian di negara Mesir adalah sebagai berikut.
1)    Pertanian
Pertanian dilakukan di sekitar lembah Sungai Nil dan delta Sungai Nil. Petani Mesir disebut fellah. Hasil pertanian Mesir adalah gandum, beras, tebu, minyak zaitun dan kapas.
2)    Peternakan
Ternak yang diusahakan ialah biri-biri dan unta.
3)    Pertambangan
a)    Minyak bumi: di gurun barat, yaitu di Qattarana dan El Alamien.
b)    Fosfat: di pantai Laut Merah dekat El Quseir.
c)     Mangaan: di pantai barat Sinai.
d)    Bijih besi: di sebelah timur Bendungan Aswan.
4)    Industri
Industri yang berkembang adalah tekstil, pupuk, dan semen. Kota-kota industrinya ialah Kairo, Iskandariyah, dan sekitar Terusan Suez.
5)    Perdagangan
Barang ekspor utama Mesir adalah kapas, yang diekspor antara lain ke Inggris, Jepang, Indonesia, dan Prancis.
Barang-barang impornya adalah mesin-mesin, batu bara, minyak bumi, kayu lapis, dan bahan minuman. Pelabuhan terbesar adalah Iskandariah, sedangkan Port Said sebagai pelabuhan bunker atau pelabuhan tempat mengisi bahan bakar.

k.    Kebudayaan
Mesir memiliki peradaban yang tinggi sejak masa lampau. Budayanya mempunyai pengaruh besar pada pengembangan budaya di Afrika.
Peninggalan budaya Mesir, antara lain sebagai berikut.
1)    Piramida, yaitu bangunan bentuk limas tempat menyimpan mummi raja-raja Mesir Kuno.
2)    Sphinx, ialah patung singa berkepala manusia.
3)    Obelisk, ialah bangunan tugu berbentuk segiempat.
4)    Hieroglif, ialah tulisan dan lukisan pada peninggalan kuno.



Sphinx dengan latar belakang piramida (Sumber: http://www.tribunnews.com/internasional/2015/10/28/ilmuwan-akan-pindai-empat-piramida-mesir-untuk-dianalisa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar