Senin, 13 Juli 2020

BENUA AMERIKA



Benua Amerika (Sumber: https://www.porosilmu.com/2016/04/profil-benua-amerika.html)

Benua Amerika disebut sebagai Benua Merah. Sebutan ini ada karena benua tersebut terdapat suku asli yaitu suku Indian. Bagi orang kulit putih/masyarakat Eropa, suku Indian dikenal sebagai suku kulit merah meskipun kulit mereka tidak berwarna merah. Ini dikarenakan suku Indian suka melumuri kulit mereka dengan cat berwarna merah.

a.     Letak, Luas, dan Batas
Dari peta di atas kita mengetahui bahwa Benua Amerika merupakan benua yang sangat panjang dan terpanjang di dunia karena membentang dari Kutub Utara hingga hampir Kutub Selatan. Benua ini secara keseluruhan berada pada 83oLU – 55oLS dan 170oBB – 35oBB dengan luas kurang lebih 42.057.100 km2. Batas benua ini adalah sebagai berikut.
1)    Batas utara: Samudra Arktik.
2)    Batas timur: Samudra Atlantik
3)    Batas selatan: Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik (keduanya bertemu), dengan Kutub Selatan dipisahkan oleh Selat Drake.
4)    Batas barat: Samudra Pasifik dan Selat Bering (selat yang memisahkan Benua Amerika dengan Benua Asia).

b.    Ketampakan Muka Bumi
Kita mengetahui bahwa secara geografis benua Amerika terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Menurut Alfred Wagner, Benua Amerika terus mengalami pergeseran secara lambat ke arah barat, dan diduga Benua Amerika dahulu pernah menjadi satu dengan Benua Afrika. Bukti yang dikemukakan adalah:
1)    adanya persamaan batuan,
2)    bentuk pantai yang hampir sama,
3)    persamaan jenis flora dan fauna purba.
Ketampakan muka bumi di Benua Amerika adalah sebagai berikut.
1)    Amerika Utara
Perhatikan peta Amerika Utara berikut ini!

Sumber: https://ms.maps-usa.com/amerika-utara-wilayah-peta

Secara geografis, Amerika Utara terbentang dari Alaska dan pulau sekitar Arktik Kanada hingga Tanah Genting Tehuantepec (Meksiko) di selatan. Secara astronomis membujur dari 83o07' LU sampai kira-kira 20o LU.
Secara garis besar, ketampakan muka bumi di Amerika Utara adalah sebagai berikut.
a)    Pegunungan
Di sebelah barat membujur Pegunungan Rocky (Rocky Mountains) dengan puncak tertinggi Gunung Mc. Kinley (6.193 m) yang berada di Alaska. Di sebelah barat Rocky Mountains terdapat Pegunungan Sierra Nevada yang membujur di wilayah barat Amerika Serikat. Di sebelah timur wilayah Amerika Serikat terdapat pegunungan Alleghany dan Appalachia.
b)    Dataran Rendah
Dataran rendah terbentang di antara Rocky Mountains dan Alleghany yang disebut sebagai Dataran Rendah Tengah (Central Lowland). Di wilayah ini mengalir Sungai Missouri yang bersambung dengan sungai Mississippi.
c)     Sungai
Sungai besar di Amerika Utara, antara lain Sungai Mackenzie dan St. Lawrence di Kanada, Sungai Colorado dan Mississippi di Amerika Serikat.
Sungai Colorado di Pegunungan Rocky mengalir melalui lembah yang dalam dan tebing curam yang dinamakan canyon. canyon di Sungai Colorado sangat dalam dan curam sehingga disebut Grand Canyon of Colorado.
Sungai St. Lawrence dialiri oleh danau-danau yang terletak di Kanada dan Amerika Serikat. Danau-danau tersebut ketinggian permukaan airnya tidak sama, sehingga terjadilah air terjun. Air terjun yang terbesar ialah Air Terjun Niagara yang berada di antara Danau Ontario dan Danau Erie, memiliki lebar hampir 1 km dan tinggi 50 m.
d)    Danau
Danau-danau yang cukup besar banyak terdapat di bagian timur, antara lain Danau Superior, Danau Huron, Danau Erie, Danau Ontario (di perbatasan Kanada – Amerika Serikat), Danau Michigan (Amerika  Serikat), dan Danau Winnipeg (Kanada). Di bagian barat terdapat Danau Garam Besar (Great Salt Lake).
e)    Teluk dan Semenanjung
Di beberapa tempat terdapat laut yang jauh sekali menjorok ke darat yang disebut teluk, seperti Teluk Hudson, Teluk Meksiko, dan Teluk California, sehingga terjadilah semenanjung yang besar-besar, seperti Semenanjung Alaska, Semenanjung Labrador, Semenanjung Florida, dan Semenanjung California.
2)    Amerika Tengah
Perhatikan peta berikut ini!


Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:CIA_map_of_Central_America.png

Ciri permukaan yang menonjol di Amerika Tengah adalah Plato Tengah Meksiko yang terletak di selatan pegunungan Mesa Central. Di bagian selatan plato terdapat pegunungan bersekat-sekat yang terdiri atas bantuan kristalin. Rangkaian kegiatan vulkanis terdapat di selatan Meksiko dengan puncak yang kasar serta lereng yang curam. Selain itu juga terdapat cekungan yang berselang-seling melintasi El Salvador, Nikaragua, dan Guatemala.
Kepulauan Karibia merupakan deretan panjang pulau tropis yang melingkar di antara Meksiko dan Venezuela. Deretan pulau ini kadang disebut sebagai Hindia Barat. Beberapa pulau sangat kecil berupa batuan karang dan tak berpenduduk. Pulau yang terbesar adalah Kuba.

3)    Amerika Selatan
Perhatikan peta berikut ini!

Amerika Selatan (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:South_america.jpg)

Bentang alam di Amerika Selatan adalah sebagai berikut.
a)    Pegunungan Andes
Pegunungan ini membujur di sebelah barat yang merupakan kelanjutan Rocky Mountains di Amerika Utara. Puncak tertingginya ialah Gunung Aconcagua (6.960m). Pegunungan Andes terdiri atas dua rangkaian utama, yaitu rangkaian barat (cordillera Occidental) yang membujur di Peru, Bolivia, Chili, dan Argentina dan rangkaian timur (Cordillera Oriental) yang membujur di Kolombia dan Venezuela. Di pegunungan Andes terdapat Danau Titicaca yang letaknya tertinggi di dunia. Sedangkan di sebelah barat Pegunungan Andes terdapat Gurun Atacama yang merupakan daerah terkering di Amerika Selatan.
b)    Dataran Tinggi
Dataran tinggi terdapat di sebelah timur pegunungan Andes, yaitu Dataran Tinggi Guyana, Dataran Tinggi Brasilia, dan Dataran Tinggi Patagonia.
c)    Dataran Rendah
Di bagian tengah Amerika Selatan terdapat tiga dataran rendah yang besar, yaitu Dataran Rendah Orinoco, Dataran Rendah Amazon, dan Dataran Rendah Parana. Di daerah ini mengalir sungai-sungai besar, yaitu Sungai Orinoco, Amazon, dan Parana.

c.     Iklim
Benua Amerika membentang dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan, sehingga memiliki iklim yang bervariasi, yaitu sebagai berikut.
1)    Iklim dingin di Alaska dan Kanada bagian utara. Jenis tumbuhannya adalah tundra atau padang lumut.
2)    Iklim kontinental di Amerika Serikat bagian timur sampai perbatasan Kanada curah hujannya rendah.
3)    Iklim kering atau iklim gurun di sebelah barat Amerika Serikat (Gurun Mojave) dan Pantai Chili di Amerika Selatan (Gurun Atacama).
4)    Iklim stepa berada di sebelah timur Rocky Mountains di Amerika Utara dan di dataran Brasilia di Amerika Selatan. Stepa di Brasil disebut campos, di Amerika Serikat disebut prairi, dan di Argentina disebut pampa.
5)    Iklim tropis basah  di Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. curah hujan di daerah ini tinggi sepanjang tahun. Di daerah sekitar sungai Amazon terdapat hutan hujan tropis yang disebut selva.

d.    Pembagian Kawasan
Berdasarkan geografisnya Benua Amerika terbagi atas tiga kawasan, yaitu sebagai berikut.
1)    Amerika Utara: meliputi negara Kanada, Amerika Serikat, dan wilayah Meksiko yang berada di sebelah utara Tanah Genting Tehuantepec.
2)    Amerika Tengah:
a)    Wilayah yang berada di daratan yang menghubungkan Amerika Utara dan Amerika Selatan, meliputi wilayah Meksiko di selatan Tanah Genting Tehuantepec, negara Guatemala, Belize, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, dan Panama.
b)    Wilayah di Kepulauan Karibia terdapat 13 negara dan 12 teritori, yaitu: Anguilla (Inggris), Antigua dan Barbuda, Aruba (Belanda),  Bahamas, Barbados, Bermuda (Inggris), Kep. Cayman (Inggris), Kuba, Dominika, Republik Dominika, Grenada, Guadeloupe (Prancis), Haiti, Jamaika, Martinique (Prancis), Montserrat (Inggris), Antilia Belanda (Belanda), Puerto Riko, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Trinidad dan Tobago, Kep. Turks dan Caicos (Inggris), Kep. Virgin (AS), dan Kep. British Virgin (Inggris).
3)    Amerika Selatan: meliputi negara Kolombia, Venezuela, Suriname, Guyana, Guyana Prancis, Ekuador, Bolivia, Peru, Brasil, Paraguay, Uruguay, Chili, dan Argentina.

Berdasarkan kebudayaannya, Benua Amerika terbagi atas dua bagian, yaitu sebagai berikut.
1)    Amerika Germania (Amerika Inggris) atau Anglo America, yaitu kawasan yang sebagaian besar penduduknya berkebudayaan dan berbahasa Inggris. Yang termasuk kawasan ini ialah Kanada dan Amerika Serikat.
2)    Amerika Latin atau Amerika Romawi, yaitu kawasan Amerika yang mendapat pengaruh kebudayaan Latin dari Eropa Selatan (Spanyol dan Portugis). penduduknya sebagian besar berbahasa Spanyol atau Portugis. yang termasuk kawasan ini ialah negara Meksiko dan negara-negara lain yang berada di sebelah selatannya.
Pertanyaan ini sering muncul di antara kita bersama. Ada yang mengira mereka disebut Amerika Latin karena mereka berbicara dengan bahasa Latin, namun sebagian besar orang yang tinggal di Amerika Selatan sebagian besar berbicara menggunakan Bahasa Spanyol, Bahasa Portugis, dan Prancis, tetapi mengapa kawasan ini dijuluki Amerika Latin? Alasannnya tidak lain adalah karena akar bahasa dari ketiga bahasa tersebut adalah bahasa Latin. Bahasa Latin adalah bahasa yang dulunya dituturkan oleh penduduk Romawi Kuno. Kemudian bahasa ini berkembang dan seiring berjalannya waktu, bahasa ini menjelma menjadi bahasa Spanyol, Portugis, Prancis, Italia, Romania, dan Moldova.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar