Senin, 13 Juli 2020

INGGRIS



Sumber: http://www.re-tawon.com/2010/07/troubles-ketika-irlandia-utara-membara.html

Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara (bahasa Inggris: United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland) atau umumnya dikenal sebagai Inggris, Inggris Raya, atau pula Britania Raya adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Barat di antara Laut Utara dan Samudra Atlantik. Inggris merupakan negara industri maju. HDI pada tahun 2015 pada indeks 0,909 menempati peringkat ke-16 dari 188 negara dan masuk dalam kategori very high human development.

a.     Letak, Batas, Luas
1)    Letak Astronomis
Secara astronomis, Inggris berada di antara 50oLU – 60oLU dan 8oBB – 2oBT.
2)    Batas Geografis
Batas negara Inggris adalah sebagai berikut.
- Sebelah Utara: Laut Norwegia
- Sebelah Timur:  Laut Utara
- Sebelah Selatan:  Selat Inggris
- Sebelah Barat: Samudra Atlantik dan Irlandia
3)    Luas
Luas Negara Inggris   adalah 244.110 km2 .

b.    Bentang Alam
Bentuk wilayah Inggris merupakan kepulauan. Pulau-pulau utama Inggris yaitu Pulau Britania dan Eire. Pulau-pulau lainnya terletak di sekitarnya dan berukuran kecil, antara lain Kepulauan Orkney, Hebrides Luar, dan Shetland. Wilayah Inggris dipisahkan oleh Selat Dover, Selat Inggris dan Laut Utara dari daratan Eropa.
Secara rinci dapat dijelaskan antara lain sebagai berikut.
1)    Dataran Rendah (Lowland)
Dataran rendah di pulau utama Britania, terletak berseberangan dengan dataran rendah Eropa Utara di daratan Eropa. Secara keseluruhan relatif bergelombang, meliputi kawasan dataran rendah Scotish, dataran rendah Inggris Tengah, daerah Yorkshire, dan daerah Anglia Timur. Adapun dataran rendah di Pulau Eire adalah dataran rendah Irlandia Tengah. Pada wilayah dataran-dataran rendah berkembang permukiman padat dan lahan pertanian yang subur.
2)    Dataran Tinggi (Highland)
Wilayah dataran tinggi meliputi bagian barat dan utara Inggris yang merupakan golongan batuan tua. Namun terdapat pula di beberapa tempat daerah-daerah subur, seperti pada lembah-lembah dan dataran sempit tepi pantai. Secara keseluruhan, daratan Inggris didominasi oleh pegunungan walaupun tidak memiliki ketinggian yang berarti jika dibandingkan dengan gunung atau pegunungan di daratan Eropa atau lainnya. Pegunungan utama tersebut adalah Penine. Cakupan wilayah dataran tinggi di Inggris meliputi daerah Skotlandia, Wales dan England bagian utara dan Irlandia Utara di Pulau Eire.

Kondisi bentang alam atau topografi yang kurang memiliki perbedaan tinggi berarti (relatif landai) dan jarak relatif dekat dengan wilayah pantai atau laut, menyebabkan aliran sungai-sungai di Inggris memiliki karakteristik pendek-pendek dan arusnya kurang deras. Dengan demikian kurang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sumber energi atau pembangkit tenaga listrik. Beberapa sungai utama tersebut antara lain Sungai Thames yang mengalir membelah kota utama London, Sungai Dee, Severn, Wye, Trent, Teifi, dan Sungai Towi.

c.     Geologi
Secara geologi, kepulauan Inggris terletak pada dangkalan Eropa sehingga merupakan pulau kontinental. Lingkungan alam Inggris cukup bervariasi, namun secara umum dapat dibedakan menjadi dua kawasan yaitu dataran rendah (lowland) dan dataran tinggi (highland).
Inggris memiliki sumber daya geologi yang beragam, termasuk batu bara yang sangat mendukung revolusi industri di Inggris. Selain itu, Inggris juga memiliki sumber daya minyak bumi dan gas yang memasok kebutuhan energinya selama abad ke-20. Energi panas bumi juga dimiliki Inggris dalam jumlah terbatas. Beberapa sumber daya mineral yang tersedia di negara ini adalah pasir dan kerikil untuk bangunan, logam, dan lempung.
d.    Iklim
Inggris beriklim laut sedang yang sejuk dan basah. Hal ini disebabkan oleh pengaruh angin laut. Daerah pesisir barat lebih sejuk dan basah. Pada daerah yang tinggi di daerah pegunungan dan Irlandia utara, musim dingin terjadi salju yang tipis.
e.     Flora dan Fauna
Keadaan flora dan fauna menunjukkan perubahan akibat adanya aktivitas manusia membabat hutan alami untuk kepentingan pertanian dan industri. Hutan pinus berada di daerah pegunungan. Pohon ek dan elm banyak dijumpai pada dataran rendah yang berlempung di Daerah Wales. Selain itu, ditemukan tanaman horse chestnut, spruce norwegia, larch Jepang, dan fir douglas. 
Fauna di Inggris banyak yang telah punah pada masa glasial. Beberapa fauna karnivora seperti beruang dan serigala telah punah akibat ulah manusia. Fauna yang masih banyak dijumpai adalah rusa merah scoltlandia. Selain itu, terdapat juga sekitar 400 burung termasuk rajawali emas dari Scotlandia dan belibis merah yang khas dari Inggris.

f.      Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk Inggris pada pertengahan tahun 2018 berdasarkan World Population Data Sheet 66,4 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan alami 0,3% per tahun. Sebagian besar penduduknya tinggal di daerah perkotaan, yaitu sebesar 83%. Penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok yaitu sebagai berikut.
1)    Bangsa Kelt, meliputi orang Skot, Irlandia, dan Wales.
2)    Bangsa Jerman, meliputi orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman.
Angka harapan hidup penduduk Inggris juga cukup tinggi, yaitu 81 tahun. Pendapatan perkapita pada tahun 2017 sebesar US $43.160.

g.    Kegiatan Ekonomi
1)    Pertanian
Kegiatan pertanian di Inggris banyak diusahakan di daerah dataran rendah bagian selatan dan timur, serta daerah pegunungan. Hasil-hasilnya antara lain: gandum, barley, tebu, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
2)    Peternakan
Kegiatan peternakan di Inggris diusahakan di berbagai daerah terutama di daerah lembah. Jenis hewan yang diternak adalah sapi potong di Lembah Northern Highland timur laut), sapi perah di bagian barat Central Lowland, domba di Lembah Tweed, Babi di daerah Yorkshire dan Lancashire.

3)    Perindustrian
Jenis-jenis industri yang ada di Inggris antara lain:
(1)    Industri galangan kapal di kota Greenoch dan Peasly
(2)    Industri tekstil di kota manchester, Glasgow, dan Lanchashire.
(3)    Industri kain wol di kota Branford dan Leeds
(4)    Industri Sutra tiruan di kota Yorkshire dan Lanchashire
(5)    Industri lokomotif, rel kereta api, mesin-mesin, pesawat terbang terdapat di kota Birmingham.
(6)    Industri kimia di kota London
(7)    Industri mobil dan sepeda di kota Coventry
4)    Pertambangan
Minyak bumi dan batu bara merupakan hasil pertambangan terbesar di Inggris. Hasil-hasil pertambangan yang lain adalah tembaga, seng, mangan, timah, dan bijih besi.
5)    Perdagangan
(1)    Ekspor Inggris berupa pesawat terbang, mesin-mesin industri, mobil, bahan kimia, mesin-mesin pertanian, tekstil, dan alat-alat elektronik.
(2)    Impor Inggris berupa minyak bumi, bijih besi, karet, kapas, tembakau, dan belerang.
h.    Pemerintahan
Bentuk pemerintahan Inggris adalah kerajaan (monarki) konstitusional. Kepala negara adalah ratu, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri.
Inggris terdiri atas empat negara bagian, yaitu Inggris (England), Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar